ASIAN GAMES 2018

Hallo semua... mungkin ini pembaruan saya yang kesekian kalinya...
Saya ingin sekali membagi cerita yang pernah saya rasakan dan saya ingin bisa mengingatnya ketika saya membacanya kembali.
2018 Asian Games logo (INASGOC/INASGOC)


Alasan penulisan blog ini dimulai, karena saya merasa bangga dan kagum terhadap Tanah Airku Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam Pesta Olahraga Asia ke-18. (Tingkat Asia donggg yaampun bangga banget). Diadakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang dari tanggal 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018. Ternyata ini merupakan sejarah pertama, bahwa Asian Games diadakan di dua kota dan Indonesia telah menjadi tuan rumah untuk ke-dua kalinya.
(Wahhh senangnya saya bisa merasakannya sendiri..)

Pertama kali saya rasakan saat menjelang event Asian Games 2018 ini berawal dari tampilan maskot-maskot Asian Games yang muncul di monitor halte TransJakarta, maskot-maskot tersebut sangat lucu dan menggemaskan. Dengan munculnya mereka membuat saya tidak jenuh saat menunggu TransJakarta. kalian bisa liat tingkah-tingkah dari maskot tersebut di sini : https://www.youtube.com/channel/UC7oWYw9vZbkDwCi81hJpZTQ
karena saya sangat menyukainya sehingga saya sampai men-subscribe akun youtubenya.

Maskot-maskot tersebut ternyata mempunyai nama dan karakter yang berbeda, nama-namanya di ambil dari kata "Bhinneka Tunggal Ika"yaitu ada Bhin-bhin, Atung, dan Kaka.
1. Bhin-bhin
Related image
Bhin-bhin merupakan Burung Cendrawasi (Paradisaea Apoda) yang memakai rompi bermotif dari suku asmat dari papua dan melambangkan strategi. Cantik banget.

2. Atung

Image result for atung
Atung yaitu rusa bawea (Hyelaphus Kuhlii) yang memakai sarung dengan motif tumpal dari jakarta dan melambangkan kecepatan. Lucu sekalii.

3. Kaka
Kaka ini adalah hewan Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) yang memakai penutup dada bermotif bunga khas palembang. Kaka ini melambangkan kekuatan. Sangat mengemaskan.

Maskot-maskot ini tentu saja merupakan hewan endemik yang berasal dari Indonesia dengan memakai aksesoris dari berbagai wilayah Indonesia, serta mempunyai lambang yang menggambarkan para atlet. 

Kalau saya ditanya suka maskot yang mana, saya paling suka Bhin-bhin karena mempunyai warna yang sangat cantik dia juga sangat lincah karena itu mengapa dilambangkan sebagai strategi. Saya melihat dari maskot-maskot Asian Games 2018 tidak hanya dari monitor TransJakarta juga bisa di jumpai ditaman-taman kota di Jakarta.


Setelah tampilan maskot-maskot lucu itu di monitor TransJakarta saya juga mendengar beberapa soundtrack Asian Games 2018 di monitor TransJakarta tersebut, lagu yangpertama kali saya dengar yaitu "Meraih Bintang" yang dinyanyikan oleh Via Vallen. Jujur ketika saya mendengarnya, saya akan langsung mengingat Asian Games 2018.
Dan Ternyata lagu-lagu untuk Asian Games 2018 semuanya bagus. Lagu-lagu ini pun semakin sering saya dengar karena muncul menjadi Trending youtube dan muncul di TVRI. Saya sangat suka pada lagu yang berjudul "Bright As The Sun" dari musik yang tetap memunculkan ciri khas dari Indonesia, lirik yang membuat bersemangat, dan MVnya sangat bagus. 

Menuju hari pembukaan, TransJakarta dan Haltenya juga banyak yang di tempelkan stiker Asian Games 2018 
Image result for transjakarta asian games

Tidak hanya itu saja dinding penyangga tol di sepanjang jalan, dari halte TransJakarta penas kalimalang - rawasari dapat ditemui gambar-gambar yang bertemakan Asian Games 2018. Ini benar-benar mewarnai pejalanan saya menuju kampus. Ternya itu hasil dari kompetisi seniman mural.
Di kampus saya, juga ditemukan dinding yang berlukisan tentang Asian Games 2018, wah saya semakin senang melihatnya.

Ini adalah gambar yang saya dokumentasikan yaitu lukisan dinding penyangga tol dekat halte TransJakarta Utan Kayu Rawamangun.

Hari H pun tiba, yaampun pembukaannya sangat mewah dan megah saya saja yang menonton hanya dari televisi terkagum-kagum. Pembukan dapat dilihat pada link ini : https://www.youtube.com/watch?v=Mh7wmiLLYd4

Selama Asian Games 2018 berlangsung saya mengunjungi Asian Fest sebanyak 3 kali, yang pertama yaitu saya berniat untuk mengajak ibu saya berjalan-jalan dan melihat - lihat Gelora Bung Karno untuk pertama kalinya, saya ke sana bersama ibu saya sebanyak 2 kali yaitu selama acara berlangsung (lupa tanggal) dan tanggal 1 September 2018 menuju penutupan ketika saat saya berburu boneka maskot Asian Games 2018, karena tingginya peminat saya tidak mendapatkannya... dan yang kedua saya bersama dengan teman kuliah saya yaitu Ami Amaliah, kalau saat ini sih saya memang ingin berjalan-jalan sambil mencari kartu TapCash/E-money/BRIZZI dengan cover Asian Games 2018. Saya akhirnya mendapatkannya, memang saya benar-benar mempunyai merchandise dari Asian Games 2018 tersebut karena kapan lagi bisa ada event ini, selagi saya masih remaja haha.

Walaupun saya tidak melihat opening, pertandingan, dan clossing secara langsung saya bisa melihat melalui siaran langsung di televisi bersama keluarga saya, khususnya ibu saya di rumah.
ini beberapa merchandise yang dimiliki saya dan kaka saya:





Dokumentasi

Dinding yang bernuansa Asian Games 2018 di Universitas Negeri Jakarta. 


Sumber :
http://asiangames2018.igbs.tv/wp-content/uploads/2017/11/AG18_Ch.1_18th-Asian-Games.pdf
https://www.youtube.com/channel/UC7oWYw9vZbkDwCi81hJpZTQ
http://asiangames2018.igbs.tv/event-information/mascots/
https://www.suara.com/foto/2018/08/05/193311/ratusan-seniman-lukis-73-tiang-jalan-tol-bertema-asian-games

Komentar